Monday, March 1, 2010

Cara Daftar Blog Ke Search Engine

Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine (populernya Google), tapi kenyataannya tidaklah demikian. Seperti halnya sebuah sekolah/PT, agar nama kita terdaftar pada buku daftar siswa/mahasiswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke lembaga tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.


Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.

Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, berikut tips n trik untuk mendaftarkan blog kita melalui mesin pencari sebagai berikut:

* Daftar Google

Untuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, atau klik di sini, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan:
* URL --> Isi dengan URL blog sobat.
* Comments --> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat
* Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
* Klik tombol Add URL
* Selesai.
* Daftar Yahoo!
Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan sobat klik di sini atau bisa juga kunjungi ke https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Tetapi untuk mendaftar ke yahoo, anda harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan buat email dahulu, dan bagi yang sudah punya tinggal login dengan username serta password anda. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL sobat, kemudian klik tombol Add URL, selesai.

3 comments:

Shinn said...

bagus nih,
bisa langsung saya praktekan

warnatulisan said...

Google dan Yahoo sudah daftar, bisa bantu kasih saran SE yang lain sahabat ... ? thanks before.

iyiana said...

baru aku tau, ceett!


JasnIyiana.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...