Sunday, May 22, 2011

APA ITU ( PR ) PAGE RANK



PageRank adalah metode Google dalam mengukur seberapa pentingnya situs Anda untuk orang lain. Semakin tinggi nilai PageRank Anda menunjukan situs Anda sangat bermanfaat untuk orang lain dan dapat tampil pada posisi yang semakin baik di Google search. Pengukuran PageRank adalah 1 sampai 10 dengan nilai 10 sebagai yang terbaik.
Google melakukan susunan hasil pencariannya dengan metode sebagai berikut:

  1. Menemukan semua situs yang sesuai dengan keyword Anda.
  2. Disusun menurut faktor di halaman Anda, seperti keyword density, meta tag dan lainnya.
  3. Menyesuaikan hasil pencarian dengan posisi yang sesuai dengan PageRank-nya.
Kita melihat PageRank sebagai unsur pengali (multiplier) pada hasil pencarian di Google. Sehingga bila kita memiliki PageRank 0 (nol) maka situs kita akan ditampilkan di akhir hasil pencarian bersama situs lain yang juga memiliki PageRank 0.
Teori dasar PageRank adalah menghitung banyaknya link menuju situs kita. Dengan prinsip yang sederhana seperti page A melakukan link pada page B sehingga page A mengatakan page B itu sangat bermanfaat atau penting untuk dikunjungi. Dan sifat penunjuk ini bersifat turunan, artinya bila page A ditunjuk oleh page B yang PageRank-nya tinggi, maka semua page yang ditunjuk page A pun ikut menjadi penting atau lebih bermanfaat menurut Google.

Mengukur dengan Google Pagerank checker

Google Pagerank checker tidak sepenuhnya menunjukan PageRank Anda dengan akurat. Namun Google Pagerank checker adalah alat yang tepat untuk Anda mengetahui PageRank Anda . Sebab kalkulasi PageRank di engine sebenarnya adalah 0.00000001 - ~ (tak terhingga). Sehingga berikut ini adalah estimasi PageRank yang ditunjukkan oleh Google Pagerank checker:
Begitu pula cara perhitungan di Google directory ataupun Google toolbar juga memiliki kelemahan yang sama dalam mengukur akurasi pagerank kita. Walaupun banyak orang berusaha meningkatkan akurasi pengukuran, namun hal itu sulit karena Google memiliki hak untuk melindungi datanya agar tidak dapat diperoleh oleh pesaingnya.

PageRank 

                        Faktor kunci dalam search engine pada umumnya adalah meta tag halaman Anda. Namun karena mudahnya meta tag dimodifikasi oleh webmaster sehingga sering kali mengacaukan hasil pencarian Google, dimana hasil pencarian Google menjadi tidak relevan dengan keinginan pencarinya. Sehingga Google berusaha untuk menjaga kualitinya dengan menggunakan PageRank sebagai indikator halaman kita, dimana hal ini amat sukar difahami oleh para webmaster.

                         Saat ini banyak sekali webmaster yang berusaha untuk mendapatkan link dari luar menuju situsnya dengan harapan mendapatkan posisi PageRank lebih baik. Namun hal itu tanpa mempertimbangkan kualiti situs yang melakukan link menuju situsnya. Hal ini boleh menjadi dukacita pada kita. Sebab link yang terlalu banyak dari situs yang tidak berkualitas akan berakibat menghancurkan PageRank Anda sendiri.

                         Sebaliknya mendapatkan link dari situs-situs yang telah memiliki PageRank tinggi sebelumnya, dan memiliki kategori situs yang mirip dengan Anda itu akan sangat membantu PageRank Anda. Jadi perhatikan link yang Anda dapatkan dari orang lain.

Menghitung nilai situs Anda

Nilai akhir situs Anda diperoleh dari rumus berikut:
Final Score = (score for non-page rank factors) x (actual pagerank)
Sehingga apabila situs kita memiliki PageRank yang sangat tinggi namun nilai faktor lain dalam situs Anda adalah 0, maka nilai kita akan tetap 0 (nol). Faktor lain dalam Google tergantung dari keyword yang dipakai, meta tags, title dan lain sebagainya sebagai unsur penting dalam mengukur relevansi kata kunci dengan situs kita.

                         Pada umumnya Google hanya melakukan query pada 1000 page yang memiliki nilai akhir tertinggi. Sehingga bila kita belum termasuk didalamnya, hampir tidak mungkin kita ikut tertampil dalam hasil pencarian Google pada keyword yang Anda mau.
PageRank Anda dihitung dengan algoritma sebagai berikut ini:

PR(A) = (1-d) + d ( PR(T1)/C(T1) + … + PR(Tn)/C(Tn) )
PR(A) = PageRank page A
d = dampering factor, normalnya 0.85
PR(Tn) = PageRank page yang link ke page A
C(Tn) = jumlah link dari page tersebut
n = 1 … ~ (sebanyak jumlah page yang link ke page A)
Sehingga kita bisa melihat setiap link menuju Anda bisa diasumsikan sebagai hak suara dalam pemilu, dimana setiap orang memiliki satu hak suara saja. Bila semakin banyak Anda menggunakan hak suara tersebut maka hak suara Anda akan dibagi secara proporsional. Jadi dengan satu hak suara Anda bagi menjadi 2 link, maka kekuatan suara Anda menjadi masing-masing 0.5 saja.
Contoh:

Page A -> Page B dan Page C
Page A memiliki PageRank 0.8 (aktual PageRank)
Page B memiliki PageRank 1 (aktual PageRank)
Page C memiliki PageRank 0.9 (aktual PageRank)
Setelah page A melakukan link pada B dan C maka perhitungan kenaikan page B dan C dihitung dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kalikan dampering factor (0.85) pada PageRank pemberi (page A) 0.8 * 0.85 = 0.68
  2. Bagikan nilai tersebut dengan banyaknya link keluar Karena page A link ke 2 page (B & C), maka masing-masing mendapatkan:
    0.68 / 2 = 0.34
  3. Jumlahkan tambahan dengan PageRank lama PageRank B menjadi 1 + 0.34 = 1.34
    PageRank C menjadi 0.9 + 0.34 = 1.24
                        Pada kenyataannya situs kita memiliki link yang sangat besar sekali jumlahnya. Dampering factor dimanfaatkan Google sebagai faktor pengontrol. Sehingga apabila kita diketahui melakukan kecurangan dalam mengoptimalkan situs kita, maka kita boleh dihapus dengan cara membuat dampering factor kita menjadi 0, baik dari luar maupun dalam. Sehingga kita tidak memiliki kekuatan menyumbang ataupun mendapatkan sumbangan PageRank dari situs lainnya lagi.

41 comments:

Rizky2009 said...

pertamax g ya idisini, kl blog q dah PR 4 loh mi

mimi said...

Ya udah tu...mimi masukkan dalam listing mimi....smile for me my friend.....happy blogging and have a nice day..~~~~mimi~~~

tomo said...

Semoga aku dapat pr bagus kawan ya.makasih atas pengertian pr nya kawan

M!Er4N said...

wah teliti dan terperinci btl ttg PR ni kn..apa yg mieran tahu pasal PR ni, smkin tinggi PR smkin snang entry kita ada kt page google..smkin tinggi smkin elok la..blh duk kt page pertama kt google :)

R I S A L said...

kita gak pernah tauk kemauan mbah google...dan tidak ada yang bisa menjadi untuk tampil paling atas blognya,,,,,untuk keywork "seacrh engine" saja bukan google yang tampil duluan....
page rank tidak menjamin blog untuk tampil di halaman pertama google,

R I S A L said...

kita gak pernah tauk kemauan mbah google...dan tidak ada yang bisa menjamin untuk tampil paling atas blognya,,,,,untuk keywork "seacrh engine" saja bukan google yang tampil duluan....
page rank tidak menjamin blog untuk tampil di halaman pertama google,

nuancespen said...

Rizky 2009, tidak pilih-pilih pr yang dikunjungi dan hasilnya bagus sekarang pr 4!
Punyaku url ini pilih-pilih malah mlorot jadi n/a, sedangkan yang saya biarkan tidak pilih-pilih nuansa pena malah jadi pr 3! Kadang mbah Google membingungkan!

mimi said...

@tomo @M!Er4N...
Semoga dapat dikongsi bersama....kalau ada yg terkurang hrap ditambah dalam komen seterusnya...agar dpt dimanfaat oleh semua blogger2...lebih2 lagi yang masih baru ...macam mimi nie...thanks ..
~mimi~~

mimi said...

@nuancespen---pada mulanya mimi memilih untuk berkait dgn post kita dan alamat url kita ...nya enggak naik2 PR-nya....jadi mimi berkeputusan....ambil aja sesiapa yg mahu bertukaran link ...keputusannya..membanggakan..(kadang kala google jua pening deh..)

@RISAL----bergantung pada keywood....lantas tampil post kita dimuka dpan google..setiap hari ada yang baru dan yang fresh di mata google...,saingan malah sengit dimata alam maya nie..

ilmu-coin said...

mantap sekali,,,,,
keren,dikupas tuntas,,,,
mau dunk tukeran link,,
blog saya page rank dua,,
yang mau, dateng ya :)

mimi said...

@ilmu-coin...makasih udah mau komentar di tempat mimi

Herdoni Wahyono said...

Page Rank yang bagus menjadi idaman para Blogger. Tampaknya dengan memiliki PR yang semakin tinggi, maka blog atau situs tersebut posisinya semakin 'berwibawa' dan menjadi 'mercusuar' bagi yang lain. Artikel yang menarik. Kita mengetahui lebih mendalam apa itu PR. Trims sharingnya.

mimi said...

@Herdoni Wahyono.....juka ada yang terkurang silalah di tambah...mimi baru lagi dlm dunia maya ini...bagi komen/komentar yang seterusnya....mohon ditulis apa yang kurang..

~~mohon ditambah apap yang kurang dalam posting mimi~~

thanks all my friend..

Chaon Cornerz said...

fuiyooo.. siap bagi detail lagi.. hohho.. bagus info kak mimi nie..

mimi said...

thanks cha on.....kalau ader yg kurang britau tau..

qdine said...

Page rank saya nie ok, tapi alexa rank kejap turun kejap naik, itu mungkin sbb saya nie macam chipsmore. Blogwalking kurang ke? Apa harus saya buat utk maintain dan upkan alexa tu

mimi said...

~~oic..nak tips ek....rasanya maintain jer traffik tu...kalau 1 hari 100 unik v....begitu juga esok dan lusa dan seterusnya...jgn samapai kurang...~~~

Ery Farieha said...

PR masih 2.
huhuhu~

"om_rame" said...

mengenai page-rank no-coment, itu sama aja nyindir si_om. hahahaha.
cap jempoL aja u/ mimi.

mimi said...

thanks om rame.....

brijakartaveteran said...

terima-kasih sahabat atas informasi PR-nya yang detail dan lengkap. Salam

Achmad Taher said...

sungguh melengkapi pengetahuanku ttg PR. thanks infonya. salam komunitas oejoeng for u.

Seri said...

kerana itu bila bertukaran link harus berhati-hati, terutama bila bloger meletakkan blogroll di halaman kedua bukan di halaman utama atau mereka yang mengunakan mister linky kerana tidak akan membacklink kepada sipemberi link. akibatnya bisa fatal kepada prestasi blog kerana banyak mengandungi deadlink.

mimi said...

~~tepat sekali seri~~~
jarang mau berkongsi rahsia ini
thanks...

"om_rame" said...

masih bahas PR juga, ooooh no!. baca yg Lainnya aja ach. hehehe

Shamrin Mat Janih said...

artikel yg bagus. lama suda mencari-cari makna apa itu PR. hehehe

RAMDHAN said...

Waaah... gak sia-sia berkunjung ke blog ini. nambah wawasan baru, nambah ilmu baru. Makasih infonya

mimi said...

Terikasih sudi singgah sahabat...jika ada yg terkurang silalah kongsi disini bagi memudahkan semua teman membaca ...untuk dijadikan rujukkan...terima kasih

Subandi Samsumin said...

terima kasih pencerahannya sob. Dah PR 3 ya, ana baru PR 3 nih, inginnya lebih tinggi tu.
http://get-ptc-get-dollar.blogspot.com/

mimi said...

sama-sama sahabat...kalau ada yg kurang mohon di tambah berkenaan PR nih

Lepat Pisang said...

Info yang bagus..thanz!

mimi said...

kalau ader yang terkurang harap maaf lepat pisang...thanks

sophie said...

PR dah lama x cek..tapi memang rendah pun..hehehe

"om_rame" said...

singgah

Van De Lok's WellArt said...

Terimaksaih untuk infonya..

akhatam.com said...

Wah Mantapp Mimi....
Ilmu yang sangat bermanfaattt

duniaku said...

lengkap kap kap postingannya..jadi tahu saya akan PR..makasih kawan..

Hasanudin said...

wah buat yang newblog, penting juga untuk tahu, makasi ya mimi....salam sahabat selalu

mimi said...

@Hansanudin....
bersama kongsi sedikit ilmu disini

Paradigm Shift said...

hahaha susah juga yah ngitung nya, saya pernah baca di ebook ktnya backlink dari PR5 bernilai 555 kali lebih besar dari PR1, bagaimana menrt Anda?


-------------------
http://keripik-setan.blogspot.com/

zae baru said...

post yang menarik, tambah info nih
dari tasik
obat herbal masa kini
kencing nanah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...